Kamis, 05 November 2020

Belajar dasar-dasar Blog

Assalamualaikum Wr.Wb.........
 
      PAda kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang " Blogger ". Ya disini saya menjelaskan tentang blog karena pasti banyhak diantar kita yang ingin mengetahui bagaimana cara mebuat blog.untuk lebih jelasnya langsung saja kita mulai.......
      Langkah awal yang harusnya kita lakukan untuk mempunyai sebuah Blog yang keren kita harus membuat Blog terlebih dahulu. berikut adalah Langkah - langkahnya


  1.  Pertama-tama kita buat account sebuah Gmail terlebih dahulu.
  2.  Setelah itu kita buka Blogger untuk membuat sebuah blog. Apabila muncul kolom untuk meminta       kita masukan e-mail maka masukan account Gmail kita yang tadi telah kita buat.
  3. Setelah kita mengisi kolom tersebut maka akan muncul jendela " Selamat Datang di Blogger ". Maka kita pilih menu " Buat profil Blogger terbatas "









   4. Setelah itu akan muncul jendela Blogger dan kita pilih Blog baru untuk membuat sebuah blog              yang     baru.
 5. Maka pada saat jendela untuk membuat blog muncul maka kita isikan dengan rancangan blog               yang kita inginkan seperti pada contoh.
6. Setelah selesai maka kita akan dapat melihat jendela Dasbor itu tandanya kita telah berhasil membuat sebuah Blogger.



   

               Setelah kita berhasil membuat sebuah Blogger, kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang menu yang ada pada Dasbor Blog kita. Berikut penjelasanya :

    




  • Yang pertama yaitu Entri Baru yaitu menu yang digunakan untuk membuat isi dari Blog yang kita miliki.
  • Kedua yaitu Ikhtisar yaitu sebuah menu yanbg digunakan untuk melihat presentase blog yang kita miliki tersebut di buka oleh seseorang.
  • Ketiga Pos yaitu menu yang digunakan untuk melihat Postingan apa sajakah yang pernah kita kirim pada blog kita, atau melihat postingan - postingan milik kita.
  • Selanjutnya yaitu Laman yang berfungsi untuk membuat sebuah laman yang nanti nya bisa kita buat menjadi sebuah Entri.
  • Kemuadian selanjutnya Tata letak yaitu menu untuk mengatur letak letak menu pada blog yang kita miliki.
  • Template ini adalah hal yang paling penting untuk membuat sebuah blog. pada template ini kita bisa mengatur tampilan pada blog kita. Maka dari itu template menentukan seberapa bagus blog yang kita miliki. Namun sekarang kita tidak perlu khawatir intuk mendapatkan template yang bagus. Karena sekarang telah banyak link yang dapat kita akses untuk mendapatkan sebuah template yang keren seperti www.btemplates.com
                   Tetapi kita pasti akan bingung bagaimana cara menggunakan file tersebut karena file tersebut memiliki format ZIP. maka dari itu berikut cara menggunakan file template yang telah kita Down load :
  1. Pertama-tama kita Exrack file yang telah kita download dan pastikan bahwa file yang kita Extrack berformat .xml
  2. Selanjutnya yaitu buka menu Template pada Dasbor Template blog yang kita miliki dan kemudian kita pilih kolom " Cadangkan dan Pulihkan " 
  3. kemudian saat munjul jendela seperti pada dibawahini
  4. kemudian kita pilih file yang telah kita Extrack tadi daengan cara memilih menu Chose files, Setelah selesai kita pilih menu Unggah dan Templatespun sudah terpasang pada blog kita.
  5. Cek Hasil dengan cara pilih menu " Lihat blog " yang terdapat pada bagian atas Blog kita.
             Berikut ini adalah contoh dari haris template yang telah kita download



             Mungkin itu yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini kurang lebinya saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Sekian Wassalamualaikum Wr.Wb...............

Lokasi: Magelang Magelang, Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar