Sabtu, 28 November 2020

Materi Pelajaran Surat al-Kafirun

 

 

MARI BELAJAR SURAH AL-KAFIRUN

QUR’AN HADITS KELAS 5

MEMBACA SURAT AL-KAFIRUN

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ يَۤاَيُّهَا الْكٰفِرُوْنَ (١) لَاۤ اَعْبُدُ مَاتَعْبُدُوْنَ (٢)

وَلاَۤ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَاۤ اَعْبُدُ (٣) وَلاَۤ اَنَاْ عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْ (٤)

وَلاَۤ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَاۤ اَعْبُدُ (٥) لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ (٦)

TERJEMAH SURAT AL-KAFIRUN

1. Katakanlah (Muhammad), “wahai orang-orang yang kafir!

2. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,

3. Dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah,

4. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,

5. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah, 

6. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.

 

KOSAKATA/MUFRODAT SURAT AL-KAFIRUN

ARTI

KATA

 

ARTI

KATA

(Aku) Penyembah

عَابِدٌ

 

Katakanlah

قُلْ

Dan saya bukan

وَلاَۤ اَنَا

 

Orang-orang kafir

الْكٰفِرُوْنَ

Apa yang kamu sembah

مَّا عَبَدْتُّمْ

 

Aku tidak menyembah

لَاۤ اَعْبُدُ

Apa yang aku sembah

مَاۤ اَعْبُدُ

 

Apa yang kamu sembah

مَاتَعْبُدُوْنَ

Bagimu agamamu

لَكُمْ دِيْنُكُمْ

 

Dan kamu bukan

وَلاَۤ اَنْتُمْ

Dan bagiku agamaku

وَلِيَ دِيْنِ

 

(Kamu) Penyembah

عٰبِدُوْنَ

 

IDENTITAS SURAT AL-KAFIRUN

Surat al-Kafirun artinya Orang-orang kafir.

Surat al-Kafirun termasuk surat Makkiyah.

Jumlah ayat surat al-Kafirun adalah 6 ayat.

Surat al-Kafirun adalah surat yang ke 109.

KANDUNGAN DARI SURAT AL-KAFIRUN

  1. Allah SWT adalah Tuhan semesta alam.
  2. Nabi Muhammad dan umat Islam tidak akan menyembah apa yang disembah oleh umat pemeluk agama lain.
  3. Kita harus saling menghormati kepada pemeluk agama lain yang ada di Indonesia.
Lokasi: Magelang Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar